Donderdag 18 April 2013

Bursa Amal dan Haflah Imtihan PPI 19 Bentar


A. MUQADDIMAH
Segala puja dan puji bagi Allah SWT Pencipta dan Pengurus semesta alam, Pemberi syafa’at dan hidayah bagi hambanya. Shalawat serta salam tercurah pada Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa risalah yang benar dan yang telah merubah dunia dari kejahiliyyahan menuju tatanan hidup yang lebih mulia. Generasi muda Islam yang menjujung nilai tinggi ke-Islaman perlu mengaktualisasikan sifat bersosialnya dalam perwujudan pendewasaannya.Dan sifat kreatifitas generasi muda Islam itu perlu diwujudkan dalam suatu wadah supaya berguna bagi dirinya dan juga masyarakat. "Bursa Amal dan Haflah Imtihan" adalah salah satu pengaplikasian dan konsistensi kami selaku generasi muda Islam yang peduli dan ingin berbuat banyak untuk masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu. Karena ilmu, sikap, dan keterampilan akademik harus diamalkan secara nyata dalam kehidupan masyarakat. Tidak hanya itu, di dalam "Bursa Amal dan Haflah Imtihan" juga mengandung unsur Edukasi, Seni, Budaya dan Hiburan yang dikemas secara unik, menarik, dan Islami sebagai wujud kreatifitas kami selaku santri yang memiliki daya cipta dan imajinasi yang tinggi. Untuk itu kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi secara aktif melalui kerja sama yang kuat antara warga masyarakat dalam menyumbangkan tenaga, pikiran, kemampuan, ilmu pengetahuan, dan terutama dalam pemenuhan financial, sebagai pendukung berlangsungnya kegiatan "Bursa Amal dan Haflah Imtihan" ini.
B. LANDASAN PEMIKIRAN
Perkembangan zaman yang semakin cepat tak mungkin bisa terelakan dan degradasi moralitas yang terjadi dari waktu ke waktu sangat drastis sehingga memacu setiap generasi muda Islam untuk mendapatkan perubahan-perubahan krisis multidimensi menjadi pemicu bagi generasi muda Islam dan masyarakat Islam. Dengan konsep sosial dan perbaikan peradaban manusia di dunia ini.Sebagai santri, kesadaran dan sikap dalam bertindak adalah merupakan peran dan status sosial yang harus dijunjung tinggi sebagai komitmen dalam mempertahankan nilai-nilai Sunnah dan Salaful Iman.Oleh karena itu, kami merasa perlu dan berkewajiban mengaplikasikannya.Salah satunya melalui kegiatan "Bursa Amal dan Haflah Imtihan" ini.
C. LANDASAN KEGIATAN
1. Landasan Idiologi
- Al-Quran surat An-Nisa ayat 95, yang berbunyi: لَا يَسْتَوِي الْقَاعِدُونَ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ غَيْرُ أُولِي الضَّرَرِ وَالْمُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فَضَّلَ اللَّهُ الْمُجَاهِدِينَ بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ عَلَى الْقَاعِدِينَ دَرَجَةً وَكُلًّا وَعَدَ اللَّهُ الْحُسْنَى Artinya:“Tidaklah sama antara mukmin yang duduk (yang tidak ikut berperang) yang tidak mempunyai 'uzur dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta mereka dan jiwanya. Allah melebihkan orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduksatu derajat.Kepada masing-masing mereka Allah menjanjikan pahala yang baik (surga).”  
- Al-Quran surat Ali-Imron ayat 110, yang berbunyi: كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ Artinya:“Kamu adalah umat yang terbaik yang di lahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar dan beriman kepada Allah.”
2. Landasan Operasional
1)Surat keputusan Rijalul Ghad - Ummahatul Ghad Pesantren Persatuan Islam.
2)Hasil Keputusan Rapat Panitia Bursa Amal dan Haflah Imtihan Masa jihad 1434 H/ 2013 M.
D.MAKSUD DAN TUJUAN
1.Merealisasikan Program Jam’iyyah RG-UG.
2.Meningkatkan solidaritas santri dengan masyarakat.
3.Mengasah jiwa sosial santri menjadi lebih peka dan peduli dengan sesama makhluk Allah SWT.
4.Mengembangkan kreatifitas santri dalam seni Islami.
5.Memeriahkan akhir tahun pelajaran dan pelepasan kelas 3.
6.Sebagai tempat bersilaturahmi antara alumni, santri, dan masyarakat.
E. TEMA KEGIATAN
"Dengan HI, Mari Kita Mempererat tali Silaturahmi dan Merealisasikan Budaya Tradisional serta Mewujudkan Kreatifitas Santri sebagai Pembelajaran dari Wujud Jam’iyyah”
F. NAMA DAN SIFAT KEGIATAN
Kegiatan ini bernama“BURSA AMAL DAN HAFLAH IMTIHAN”.
G. JENIS KEGIATAN
1. Khitanan Massal
2. Pasar Murah
3. Bursa Buku
4. Bursa Pakaian dan Kerajinan
5. Bazzar
6. Pentas Seni dan Aksi Kreasi
7. Berbagi cerita bersama Alumni sambil bersilaturahmi
8. Bedah Buku
9. Tabligh Akbar
10. Baksos dan Donor Darah
11. Seminar Pendidikan
I. TEMPAT KEGIATAN
Semua kegiatan ini bertempat di komplek Pesantren Persatuan Islam 19 Bentar - Garut Jl. Guntur 156 A Tlp. (0262) 233274 Garut 44115.
J.BIAYA
Sumber biaya kegiatan ini adalah dari:
1. Santri
 Tingkat Ibtidaiyah
 Tingkat Tsanawiyyah
 Tingkat Mu’allimin
2. Donatur
 Orang tua santri
 Simpatisan
K. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat sebagai bahan pertimbangan bagi yang memerlukannya. Semoga apa yang kita rencanakan dimudahkan Allah SWT Aamiien.
PANITIA BURSA AMAL DAN HAFLAH IMTIHANPESANTREN PERSATUAN ISLAM 19 BENTAR GARUT

Geen opmerkings nie :

Plaas 'n opmerking